RSS

Kamis, 03 Juni 2010

Jabulani Sesuai Standar FIFA!

Menuai berbagai kecaman, akhirnya menyulutkan niat Dr Andy Harland buka mulut. Pihak pengembang Jabulani tersebut membantah tudingan yang datang dari beberapa pemain, terutama penjaga gawang.

Masih segar dalam ingatan, kala penjaga gawang Spanyol Iker Casillas menyamakan bola resmi Piala Dunia 2010 seperti bola voli pantai. Belum lagi yang terlontar dari David James dan Fernando Muslera. Penjaga gawang Inggris menganggap Jabulani mengerikan, sedangkan penjaga gawang Uruguay tak segan mengklaimnya sebagai bola terburuk.

Tentunya hal ini membuat telinga Harland terbakar. Dirinya membeberkan bahwa bola yang diluncurkan sejak Desember 2009 lalu sudah melewati serangkaian ujicoba.

“Saya tidak melihat ada yang menggangu,” cetus pria yang mengembangkan bola pabrikan adidas di Universitas Loughborough, Inggris, dikutip dari KickOff, Kamis (3/6/2010).

“Bola ini sudah beredar sejak Desember lalu dan digunakan di seluruh dunia. Ternyata tidak menuai banyak komentar,” tegasnya.

“Tidak ada rahasia tentang Jabulani. Bola ini dirancang untuk membantu para pemain terbaik dunia mempertontonkan kepiawaian mereka.

Adidas, selaku manufaktur, turut membela diri. Pabrikan asal Jerman ini yakin bahwa Jabulani sudah memenuhi standar FIFA.

“Tim adidas Jabulani sudah bertemu dan melewati seleksi pihak standarisasi FIFA, dan diuji kelayakannya di Universitas Loughborough. Secara ilmiah, bola ini terbukti mampu melambung dengan stabil,” demikian pernyataan Adidas.

“Semua federasi sepakbola yang lolos kualifikasi Piala Dunia 2010 sudah menerima produksi perdana bola resmi ini, awal Februari 2010,” lanjutnya.

“Sejak Desember 2009, Jabulani sudah digunakan para profesional tingkat tertinggi di Jerman, Belanda, Prancis, Austria, Rusia, Swiss, Argentina, dan Afrika Selatan,” pungkasnya.

sumber :okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar