RSS

Kamis, 03 Juni 2010

Inilah 6 Bank Terbaik di Indonesia

Enam bank nasional RI terpilih menjadi bank terbaik 2010 versi Majalah Investor. Keenam bank tersebut antara lain Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN), Bank Swadesi Tbk, BPD Sumatera Utara, dan BPD Nusa Tenggara Timur.

"Bank-bank tersebut terpilih menjadi bank terbaik berdasarkan hasil pemeringkatan bank versi Majalah Investor dengan menggunakan 12 kriteria pemeringkatan," ujar Direktur Globe Media Group Primus Dorimulu dalam acara pemberian penghargaan kepada Bank Terbaik 2010 di Citywalk Sudirman, Jakarta, Kamis (3/6/2010).

Dia memaparkan, kriteria pemeringkatan tersebut antara lain berdasarkan rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR), tingkat kredit macet (non performing loan/NPL), tingkat pengembalian aset (return on asset/ROA), tingkat pengembalian ekuitas (return on equity/ROE), margin bunga bersih (net interest margin/NIM), dan perbandingan beban operasional dengan pendapatan operasional (BOPO).

"Selain itu, juga berdasarkan rasio penyaluran kredit (loan to deposit ratio/LDR), pertumbuhan pendapatan nonbunga bersih, pertumbuhan pendapatan operasional, pertumbuhan kredit, pertumbuhan laba operasional, dan rasio biaya tenaga kerja (BTK)," tuturnya.

Keenam bank terbaik tersebut, lanjutnya, terpilih menjadi bank terbaik di kelompok masing-masing. Dia menuturkan, BRI misalnya, terbaik pada kelompok bank umum dengan aset di atas Rp100 triliun. Lalu, BTN terbaik pada kelompok bank umum dengan aset di atas Rp50-Rp100 triliun dan BTPN dengan aset di atas Rp10-Rp50 triliun.

"Berikutnya, BPD dengan aset di atas Rp10 triliun yaitu Bank Sumut dan BPD dengan dengan aset di bawah Rp10 triliun yaitu Bank NTT," ujarnya.

Adapun salah satu juri dalam pemeringkatan bank 2010 ini yaitu ekonom Indef Aviliani. Menurutnya, tahun lalu merupakan tahun pemulihan perbankan pascakrisis global periode sebelumnya. "Lumrah bila bank-bank besar maupun berskala kecil menampilkan kinerja yang cukup positif," tukasnya.

Aviliani mengatakan, pada pemeringkatan bank terbaik tahun ini tim juri tidak memberikan penghargaan kepada bank asing. Menurutnya karena ini terkait dengan kondisi global yang belum pulih, sehingga berimbas pada kondisi perbankan mereka.

Sekadar informasi, dari 121 bank yang beroperasi per Mei 2010, hanya 79 bank yang diperingkat. Sebanyak 34 bank tidak diikutkan dalam pemeringkatan karena tidak lolos seleksi awal.

Antara lain dua bank terganjal seleksi CAR di bawah 12 persen yaitu Bank Eksekutif International Tbk dan Bank ICB Bumiputera. Selain itu, juga ada 23 bank yang tidak lolos seleksi karena memiliki aset di bawah Rp1 triliun.

sumber : okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar